Sejarah PMII Cabang Ciputat

Setelah berdirinya PMII pada tanggal 17 April 1960 di Surabaya, maka timbullah hasrat AIDA (UIN) Ciputat untuk mendirikan cabang di daerah Ciputat. Hasrat tersebut timbul dari sahabat-sahabat mantan anggota IPNU dan GP ANSHOR bahkan aktifis NU. Dengan hasrat yang membara, maka tanggal 18-22 Juni 1960 mengadakan siding DEMA (sementara) IAIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta) dengan perwakilan-perwakilan DEMA IAIN Syarif Hidayatullah (Jakarta). Diantara utusan dari Yogyakarta hadir sahabat Ismail Makky (dosen Fakultas Syari’ah IAIN Syarif Hidayatullah), memberikan penjelasan tentang mendesaknya didirikan PMII Cabang Ciputat yang kemudian mendapat tanggapan dan respon yang positif. Namun karena adanya beberapa hal sehingga tertunda sampai masuknya mahasiswa baru IAIN Jakarta, sedangkan sahabat Fakhruddin AH yang menemui sahabat Zamroni dan Chotibul Umam untuk merealisasikan ide pembentukan PMII Cabang Ciputat. Setelah beberapa usaha dilaksanakan, terdapat mendapat dukungan sebanyak 54 Orang yang sekaligus menyatakan diri sebagai anggota pertama kali untuk PMII Cabang Ciputat.
Langkah selanjutnya adalah mengadakan semua anggota di gedung IAIN Jakarta pada tanggal 9 September 1960 dan memutuskan penambahan dan penyempurnaan panitia pembentukan PMII Cabang Ciputat. Tercatat diantaranya adalah sahabat M Yasin, Ari Amnan dan Abdurahman K, kemudian panitia mengadakan sharing dengan sahabat-sahabat calon calon pengurus. Setelah tersusun calon pengurus dengan lengkap, maka pada tanggal 12 Januari 1961 secara resmi PMII disahkan ketua Ulama Menteri Agama RI Mr. Sjiss Tjangraningrat (Alm), Dekan Fakultas Tarbiyah Prof. H. Mubangrono Anjojo (Alm), para dosen, Senat Mahasiswa, utusan HMI Cabang Jakarta, ketua PB PMII H. Mahbub Junaedi dan jajaran PB PMII lainnya.
PMII Ciputat adalah salah satunya PMII tingkat Cabang yang berdomisili di tingkat kecamatan, karena enam puluh delapan lainnya di seluruh Indonesia berdomisili ditingkat kabupaten. PMII Ciputat adalah organisasi ekstra Universitas pertama tingkat Cabang di lingkungan IAIN Jakarta, dan selanjutnya, berdirilah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan pada bulan Februari 1961 didirikan pula Cabang Himpunan Islam (HMI) di Ciputat.

sumber: Modul MAPABA rayon PAI, Cisarua, 3-4 Januari 2009

4 Responses to Sejarah PMII Cabang Ciputat

  1. oji berkata:

    kembangin ja y

  2. oji berkata:

    di bagus lagi tuh
    biar kelihatannya indah
    tunjukkin kalo PMII itu bagus dan kreatif

  3. ahmad hidayat berkata:

    aslamkum.Wr,Wb.sahabat2 q ahmad hidayat dari pmii cirebon.kapan pmii ciputat bisa enguasai bem uniu,alhamdulillah klau di cirebon dar bem fakuls 2 pe rektorny orang pmii semua. ingagt jangan sampai terlena di pmii terus gak lulus.tanag terkepal maju kemuka.
    waallahul muafiq illa aqwamitorik
    waslam

  4. igomovic berkata:

    ni siapa yg nulis???

Tinggalkan komentar